Frequently Asked Questions

Sistem pelayanan medis seperti apa yang ditawarkan dr.Qorry?


Dr. Qorry menjalankan pelayanan medis berbasis prinsip Functional Medicine yang mempunyai ciri khas sebagai berikut:

  1. Dokter mempunyai waktu yang lebih banyak untuk pasien (maksimal 90 menit) per pertemuan.
  2. Dokter meminta pasien bercerita tentang hidupnya dan masalah kesehatan yang dihadapi dan yang terpenting, dokter mendengarkan pasien.
  3. Manajemen masalah kesehatan pasien didasarkan pada akar masalah. FM bekerja dengan mencari akar penyebab suatu penyakit dan bersifat individual (dapat berbeda disetiap orang meskipun diagnosisnya sama).
  4. Pemeriksaan penunjang (laboratorium) dalam FM tidak hanya memeriksa range minimal-maksimal namun nilai optimal dari suatu parameter.
  5. Dokter memotivasi dan menemani pasien sepanjang perjalanannya menuju sehat, bukan hanya menyuruhnya tertib minum obat atau mengikuti prosedur medis.
  6. Dokter menyusun strategi terapi yang didasarkan pada kebutuhan khusus pasien, bersifat individual, tidak sama satu dengan lainnya.
  7. Dokter tidak hanya memberi rencana terapi, tetapi membimbing pasien melalui Therapy Support agar tujuannya tercapai.




Apa itu Discovery Consultation?


Discovery Consultation (DC) merupakan tahap awal yang perlu dilalui sebelum masuk ke Initial Consultation. DC dapat dilakukan via telepon atau tatap muka. DC berlangsung maksimal 15-30 menit dan bertujuan untuk menentukan:

  1. Apakah masalah yang dihadapi pasien bisa ditangani dengan prinsip FM.
  2. Apakah pasien dan dokter satu visi dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Pasien melakukan pembayaran paket pelayanan yang dipilih usai DC. Dokter lalu akan memberi beberapa macam formulir yang harus diisi dan diserahkan kembali.




Apa itu Initial Consultation?


Initial Consultation (IC) merupakan kelanjutan dari DC. Berlangsung selama maksimal 60 menit, pertemuan ini bertujuan menggali tentang masalah kesehatan pasien lebih dalam dan mendetail. Dua minggu sebelum IC berlangsung, dokter akan mereview formulir Intake Pasien yang telah diisi dan menyampaikan dokumen rangkuman pemeriksaan dan rencana terapinya saat IC. Pasien dan dokter kemudian akan membuat kesepakatan mengenai pelaksanaan Therapy Suport.




Apa itu Therapy Support?


Therapy Support merupakan rangkaian pertemuan dokter-pasien di klinik atau diluar klinik (online/tatap muka) dimana:

  1. Dokter membawa atau mengarahkan pasien ke lokasi-lokasi dimana pasien bisa mendapatkan sumber pangan sehat dan kebutuhan personal yang bebas bahan kimia berbahaya, yang dirancang sesuai kondisi pasien. Hal ini merupakan bagian penting dalam proses pencapaian tujuan sehat masing-masing individu.
  2. Memperkenalkan pasien terhadap sumber-sumber penunjang kesehatan yang tepat (lokasi grounding yang optimal, lokasi olah raga (fitness, meditasi, yoga, berenang) yang tepat dll.
  3. Dokter memberi kesempatan pasien untuk mengkomunikasikan kendala dan pertanyaan yang dimiliki dalam beberapa sesi konsultasi online terjadwal.




Apa itu Follow Up Consultation?


Follow Up Consultation (FUC) adalah tahap lanjut yang terbagi dari 3 pertemuan, yakni:

  1. 1 bulan setelah IC
  2. 3 bulan setelah FUC 1
  3. 6 bulan setelah FUC 2




Apa itu Functional Medicine Group Seminar?


FM Group Seminar merupakan program seminar tertutup untuk sekumpulan kecil pasien yang memiliki masalah kesehatan yang sama (minimal 10 pasien). Topik FM Grup Seminar disesuaikan dengan kondisi pasien. FM Group Seminar adalah pilihan alternatif diluar FM One on One Consultation.

#Alur FM Group Seminar:

  1. Discovery Consultation
  2. Pasien memilih paket Group Seminar
  3. Pasien melakukan pembayaran
  4. Pasien menunggu jadwal Group Seminar terdekat
  5. Pasien datang sesuai jadwal.




Apa itu Functional Medicine One on One Consultation?


FM One on One Consultation merupakan program konsultasi individual dokter-pasien yang bersifat mendetail sesuai kebutuhan masing-masing pasien. FM One on One Consultation dirancang bagi mereka yang punya keinginan kuat dan motivasi yang tinggi untuk sembuh dan merubah hidupnya hingga hal-hal yang mendetail (Radical Lifestyle Change). Tahap FM One on One Consultation akan meliputi DC hingga FC.

#Alur FM One on One Consultation:

  1. Dokter mengirim Formulir Intake Pasien via email usai pembayaran diterima.
  2. ​Pasien mendownload dan mengisi formulir dengan lengkap.
  3. Formulir dikirim ulang ke alamat Kucala Medical Center dalam bentuk hard copy (via pos atau diserahkan langsung).
  4. Pasien mendapatkan notifikasi bahwa formulir telah diterima dokter.
  5. Pasien dan dokter bertemu dalam Initial Consultation 2 minggu setelah formulir diterima dokter.
  6. Pasien dan dokter terlibat dalam rangkaian Therapy Support sesuai jadwal yang disepakati kedua belah pihak.
  7. Pasien datang untuk Follow Up Consultation 1 bulan setelah Initial Consultation.
  8. Pasien datang untuk Follow Up Consultation 3 bulan setelahnya.
  9. Pasien datang untuk Follow Up Consultation 6 bulan setelahnya.




Berapa biaya konsultasi?


Besar biaya FM Group Seminar Rp 1.500.000,-

Besar biaya Initial Consultation Rp 2.500.000,- (diluar tes laboratorium)

Besar biaya Follow Up Consultation Rp 1.500.000,- (diluar tes laboratoium)

Besar biaya Therapy Support ditentukan oleh kondisi kasus pasien yang ditangani (termasuk paket-paket starter kits).

Terdapat discount jika pasien memutuskan membayar seluruh rangkaian paket FM One on One Consultation dimuka.




Masalah kesehatan apa saja yang dapat ditangani?


  1. Penyakit digestif (pencernaan)
  2. Penyakit alergi
  3. Penyakit autoimun
  4. Kelainan hormonal
  5. Penyakit kardiometabolik (jantung dan metabolisme)
  6. Detoksifikasi
  7. Masalah kesuburan
  8. Diabetes
  9. Radang sendi
  10. Depresi/kecemasan
  11. Obesitas
  12. Gangguan tidur (insomnia)
  13. Keluhan-keluhan kronis lainnya.




Apa itu Functional Medicine dan Mengapa Kita Perlu Praktisi FM sebagai Mentor?


Penjelasan mendetail tentang ini dapat anda baca di halaman Functional Medicine dan Perlunya Praktisi Functional Medicine.




Apakah Kucala Medical Center adalah Klinik Functional Medicine?


Bukan. Kucala Medical Center adalah klinik pratama konvensional yang melayani pelayanan medis konvensional (Conventional Medicine) dan sama sekali tidak ada hubungan dengan praktek Functional Medicine yang dijalankan dr. Qorry.

dr. Qorry menggunakan Kucala hanya sebagai sarana untuk bertemu klien Functional Medicine saja, sampai proses pendirian klinik pribadi (khusus Functional Medicine) selesai nantinya.

Klien FM yang akan bertemu dr. Qorry di Kucala tetap wajib membayar biaya administrasi umum sebesar Rp. 50.000,- kepada Kucala dan akan terdaftar pula sebagai pasien Kucala Medical Center.




Adakah praktisi Functional Medicine lain di Kucala Medical Center?


Tidak ada.

dr. Qorry Agustin adalah satu-satunya praktisi Functional Medicine di Yogyakarta dan di Kucala Medical Center.




Apa Kualifikasi dr. Qorry Agustin?


dr. Qorry Agustin adalah seorang dokter yang saat ini melayani kliennya di klinik Kucala Medical Center, Yogyakarta, Indonesia. dr. Qorry lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 2011. Semenjak lulus, dr. Qorry aktif berpraktek di beberapa rumah sakit dan klinik ternama di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tahun 2015 dr. Qorry mulai mempelajari ilmu Functional Medicine secara khusus dan telah resmi terdaftar sebagai salah satu dari sekian banyak dokter dan klinisi yang mendalami ilmu Functional Medicine dari institusi resmiya, Institute for Functional Medicine (IFM). Selain belajar langsung dari IFM, dr. Qorry juga tergabung dalam forum belajar dan diskusi (online training & discussion forum) antar praktisi Functional Medicine yang didirikan oleh seorang praktisi senior di bidang Functional Medicine, Chris Kresser melalui institusi pendidikan khusus Functional Medicine miliknya, Kresser Institute.




Kenapa saya harus bertemu anda, bisakah saya pergi ke dokter lain atau dokter langganan saya saja?


Ya, tentu saja anda bisa pergi ke dokter manapun sesuai pilihan anda. Namun fokus dan penekanan saya dalam menangani kasus anda mungkin akan jauh berbeda dengan kebanyakan dokter lain. Saya fokus pada menemukan akar masalah kondisi kesehatan anda daripada hanya mengobati gejala yang anda rasakan berulang kali, sehingga saya akan menggalinya lebih detail, mendengarkan cerita anda dan membuat kesimpulan. Lifestyle, kondisi pencernaan dan pola makan anda adalah 3 hal yang berperan sangat penting dalam kesehatan, 3 hal ini harus dioptimalkan terlebih dulu fungsinya sebelum anda bisa mendapatkan terapi obat-obatan dan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.





PENTING UNTUK DIPERHATIKAN:

Prinsip Functional Medicine tidak dapat digunakan untuk kondisi penyakit berat akut yang memerlukan penanganan segera (emergency). Dokter akan melakukan penilaian terkait hal ini saat Discovery Consultation.

© 2017-2020 Qorry Agustin. All rights reserved