Hipertensi: Apa Yang Harus Dilakukan


Artikel ini adalah bagian dari seri artikel tentang hipertensi. Klik disini untuk untuk membaca artikel lainnya.


Turunkan Berat Badan

Obesitas terbukti berkaitan langsung dengan peningkatan tekanan darah (1) dan diet menurunkan berat badan mampu menurunkan tekanan darah. (2)


Bergerak Sesering Mungkin

Tubuh manusia sejatinya diciptakan untuk lebih banyak bergerak daripada diam. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan darah seseorang akan berada pada titik terendahnya pada saat berdiri atau berjalan dan akan mencapai titik tertingginya ketika dia berada dalam posisi tidur. (3)


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia dewasa sehat rata-rata berjalan 7000-13.000 langkah per hari yang terbagi rata dalam waktu 24 jam. Jadi apabila anda banyak menghabiskan waktu di depan computer lalu berolah raga anda setelahnya, sesungguhnya hal ini tidak terlalu banyak membantu dari segi kesehatan. (4) (5)


Cobalah untuk memasang alarm pada computer anda minimal 30 menit sekali, saat alarm bunyi usahakan untuk berdiri dan berjalan berkeliling sebentar disertai relaksasi. Ini merupakan salah satu cara menjaga tubuh anda tetap dalam kondisi aktif sepanjang hari.


Tidur Dengan Baik

Mengapa tidur dengan baik? Karena tidur cukup saja masih kurang optimal dalam membantu mencapai tujuan turunnya tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan pendeknya durasi jam tidur dan menurunnya kualitas tidur dapat berkontribusi dalam naiknya tekanan darah seseorang termasuk meningkatnya resiko beberapa penyakit kronis. (6)


Mendapat Cukup Sinar Matahari

Penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit jantung. (7) Penduduk Indonesia sebenarnya cukup beruntung dalam hal ini, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di dalam garis katulistiwa, maka kita sangat mudah mendapatkan sinar matahari. Tinggalkan sunblock atau sunscreen anda untuk mendapat manfaat sinar matahari yang optimal. Gunakan pakaian tipis atau seminimal mungkin dan berkegiatan di luar rumah hingga kurang lebih 30 menit sampai satu jam setiap hari.


Meditasi

Meditasi terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian meta analisis menunjukkan bahwa meditasi transcendental (TM) merupakan tehnik menurunkan stress paling ampuh yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. (8)


Langkah pertama sebaiknya turunkan berat badan terlebih dahulu, kemudian perbaiki tidur anda disertai manajemen stress yang baik melalui meditasi.


Kita sudah membahas tentang hal-hal yang dapat dilakukan seorang penderita hipertensi untuk mengkontrol tekanan darahnya. Perubahan pola makan dan perbaikan nutrisi juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Simak artikelnya disini

#hipertensi #obesitas #gemuk #diet #olahraga #tidur #aktivitasfisik #sinarmatahari #meditasi #manajemenstress #tekanandarah #nutrisi

© 2017-2020 Qorry Agustin. All rights reserved