top of page

Jenis Alat Masak dan Hubungannya Dengan Kesehatan


Indonesia 'Functional Medicine' Doctor: Memasak Menggunakan Wajan Besi Tuang

Banyaknya jenis alat memasak yang beredar di pasaran membuat konsumen sering bingung dalam menentukan pilihan. Selain perbedaan kualitas, harga dan ketahanan bahan, sedikit yang tahu bahwa bahan dasar suatu alat masak juga harus dipertimbangkan, karena banyak alat masak berbahan tertentu yang ternyata buruk bagi kesehatan.


Berikut adalah beberapa bahan dasar pada alat masak yang tergolong aman maupun buruk bagi kesehatan:


Alat Masak Yang Baik Untuk Kesehatan


Keramik atau Tanah Liat

Bahan keramik dan tanah liat (bahkan batu) telah digunakan sejak peradaban memasak dimulai. Meskipun cukup lama panas, bahan ini terbukti aman untuk kesehatan. Memasak menggunakan keramik atau tanah liat dapat mempertahankan nutrisi makanan lebih lama dibanding alat masak lain. Metode memasak dengan cara ini dikenal dengan sebutan 'slow cooking'.


Enamel

Alat memasak berbahan dasar enamel sangat baik bagi yang membutuhkan ketahanan panas tinggi dan tidak mudah lengket. Enamel adalah salah satu bahan paling aman untuk peralatan memasak yang hampir sama kekuatannya dengan alat masak anti lengket lain, sehingga memudahkan anda membersihkannya setelah selesai memasak. Permukaannya non reaktif, sehingga tak perlu khawatir akan adanya bahan kimia berbahaya yang mungkin terlepas dan larut dalam masakan anda.


Meskipun butuh waktu cukup lama untuk memanaskannya, bahan enamel cepat mendistribusikan energi sehingga panas dapat merata cepat dan tersimpan lama. Enamel juga dapat dipergunakan di dalam oven, sehingga menjadikannya alat masak multi fungsi.


Kekurangan dari alat ini hanyalah harganya cenderung mahal (meskipun tak semahal stainless steel) karena umurnya yang tergolong panjang.


Besi Tuang

Besi tuang adalah jenis alat masak yang tergolong tradisional. Alat jenis ini sudah digunakan selama ratusan tahun. Panci besi tuang misalnya, umurnya bisa sangat panjang karena bahannya tahan lama, mampu menahan panas tinggi dan tidak mudah bocor.


Beberapa kekurangannya adalah alat ini cenderung berat karena terbuat dari besi, mudah lengket dan perlu perawatan khusus supaya usianya panjang. Selain itu, peralatan memasak dengan besi tuang cenderung melepas ion besinya saat dipanaskan pada suhu tinggi, apalagi saat memasak bahan-bahan yang cenderung asam dan berair. Meskipun baik bagi kesehatan namun pada orang dengan kadar besi yang sudah cukup tinggi tentunya tidak perlu lagi suplemen besi sehingga sebaiknya menghindari alat ini.


Steinless Steel

Stainless Steel adalah salah satu alat masak yang banyak ditemukan di pasaran. Stainless Steel sangat cocok untuk anda yang suka memasak cepat karena bahannya yang cenderung cepat memanas. Stainless steel tidak mudah tergores sehingga tahan terhadap sabun dan pembersih yang cukup abrasif. Stainless steel juga aman untuk kesehatan karena tidak melepaskan bahan kimia tertentu saat terkena panas.


Kekurangan dari stainless steel adalah permukaannya yang mudah lengket dan cenderung sulit meratakan panas sehingga perlu trik khusus saat memasak menggunakan alat ini.



Alat Memasak Yang Punya Efek Buruk Terhadap Kesehatan


Teflon dan Plastik

Teflon adalah alat memasak paling buruk yang sebaiknya dihindari namun sudah umum digunakan di kalangan masyarakat luas. Teflon sebenarnya adalah lapisan yang terbuat dari plastik PFOA (Perfluorooctanoic Acid) dan sangat berbahaya bagi tubuh karena jika dipanaskan hingga suhu tertentu, Teflon akan melepas komponen PFOAnya ke dalam masakan anda. (1)


Plastik, dapat mengganggu sistem hormonal manusia, sehingga sangat buruk bagi kesehatan. Plastik telah terbukti mampu memicu kanker, kerusakan hati, gangguan tumbuh kembang, kelainan sistem imun pada monyet dan tikus. IARC (International Agency for Research on Cancer) juga telah menyatakan PFOA masuk dalam golongan zat ‘possibly carcinogenic to human’ (Grup 2B) (2, 3, 4, 5)


Alumunium

Alumunium cenderung lebih ringan bahayanya dibanding Teflon, namun juga tidak disarankan digunakan untuk memasak. Alumunium saat dipanaskan akan melepaskan komponennya yang telah diteliti dapat menurunkan kecepatan pertumbuhan otak dan meningkatkan resiko terhadap penyakit-penyakit yang berkaitan dengan saraf karena bersifat neurotoksin. (6, 7, 8, 9)


Alat Masak yang Aman Merupakan Investasi Masa Depan

Meskipun harga cenderung mahal, namun dilihat dari manfaat dan umurnya yang panjang tentunya disarankan sebaiknya anda memilih peralatan memasak dari bahan yang terbaik, karena sehat itu lebih murah dibanding sakit.


Alat masak apa yang anda gunakan di rumah? Ceritakan pengalaman anda di kolom komentar supaya kita dapat berdiskusi.

1,450 views1 comment
bottom of page