Fermentasi Air Kelapa Bernuansa Feminin (Feminine Fermented Coconut Water)


Bulan April yang panas. Hujan masih turun kadang-kadang, tapi intensitasnya mulai berkurang, digantikan oleh terik matahari sejak pagi yang datang setiap hari. Disaat seperti ini, biasanya tubuh saya mulai haus akan minuman dingin yang segar saat matahari tepat berada di atas kepala.


Saya selalu menyediakan minuman segar di kulkas, dalam botol-botol kecil supaya praktis diambil dan dibawa saat akan pergi ke luar rumah. Mulai dari kombucha, jun tea, ginger ale, kefir smoothie sampai fermented coconut water yang merupakan eksperimen terbaru saya yang bikin nagih!


Makanan dan minuman fermentasi sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kali ini kita fokus akan membahas Feminine Fermented Coconut Water yang saya buat, secara mendetail.


Bahan utama minuman ini adalah air kelapa muda segar yang sudah disaring dari ampas dagingnya. Air kelapa muda bersifat steril dan mengandung elektrolit yang sangat tinggi sehingga, sejak dulu sering digunakan sebagai pengganti cairan infus langsung dari buah kelapanya pada kondisi darurat. Air kelapa muda kaya akan potasium, yang mampu menurunkan tekanan darah sehingga sangat bermanfaat bagi pasien hipertensi. Sebuah studi di tahun 2005 menunjukkan bahwa pemberian air kelapa selama 2 minggu pada pasien dengan diagnose hipertensi mampu menurunkan tekanan darahnya secara signifikan, yakni 24mmHg pada tekanan sistolik dan 15mmHg pada diastolik. (1)


Saat membuat minuman ini, saya terpikir untuk sedikit bermain dengan komposisinya. Saya memutuskan untuk membuat minuman fermentasi yang tak hanya segar, kaya probiotik namun juga harum dan sedikit manis, sehingga memunculkan kesan feminine. Untuk mencapai tingkat keharuman yang saya inginkan, saya menambahkan kombinasi antara sari lemon dan parutan kulitnya, pasta vanilla dan air mawar.


Seperti yang kita tahu, vanilla mengandung zat vanillin yang berfungsi utama sebagai antioksidan disertai fungsi sekunder lainnya seperti anti depresan. (2 ; 3)


Lemon memiliki manfaat yang luar biasa kaya untuk tubuh kita, berbagai penelitian juga telah membuktikan hebatnya lemon dan golongan citrus lainnya untuk pengobatan, saya tidak akan paparkan di sini karena terlalu banyak, anda bisa meng-eksplore sendiri. Air mawar sudah banyak dikenal tentunya akan kandungan antioksidan, anti radang dan kemampuannya membantu mengurangi stress. (4)


Fermentasi Air Kelapa Bernuansa Feminine (Feminine Fermented Coconut Water)


Bahan:


300 ml Air kelapa muda segar

½ sdt sari lemon serta sejimpit parutan kulit lemon (saya menggunakan lemon lokal, namun jika anda ingin aroma yang lebih kuat, gunakan lemon import)

½ sdt pasta vanilla

½ sdt madu murni

1 sdt air mawar (air mawar didapatkan dari proses distilasi kelopak bunga mawar yang banyak dijual di pasaran saat ini, saya akan memberikan tips memilih air mawar berkualitas premium yang beredar di pasaran pada artikel lain)


Cara Membuat:

  1. Masukkan semua bahan dalam botol kaca dan tutup dengan kain atau gunakan tutup botolnya dengan longgar. Jika anda ingin kandungan soda yang lebih tinggi, tutup botol rapat-rapat.

  2. Letakkan di ruang gelap yang cukup dingin (suhu ruang) diamkan selama 2 hari. Jika anda menutup botol rapat-rapat, sesekali buka tutup botol untuk melepaskan sebagian CO2 yang terperangkap di dalam, supaya botol tidak meledak.

  3. Keberhasilan fermentasi ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung udara yang cukup banyak bergerak naik dan terkumpul di atas. Jika anda membuka botol yang ditutup rapat, anda bisa mendengar bunyi mendesis persis seperti ketika anda membuka tutup botol minuman bersoda. Saat fermentasi usai, masukkan dalam lemari es beberapa jam sebelum dikonsumsi.


Selamat Menikmati!

#fermenteddrink #fermentedcoconutwater #probioticdrink #eatclean #functionalmedicine #minumanprobiotik #fermentasiairkelapa #minumanfermentasi #hidupsehat #resepsehat

© 2017-2020 Qorry Agustin. All rights reserved